Hubungi Kami : 021 - 6124788     Harco Mangga Dua Blok J No.16     sales@belanjakomputer.com

1. Kebijakan Garansi Terbatas
Masa Garansi Pabrikan: masa garansi dimulai dari saat barang dikirim dari pabrik. Pengguna dapat mengecek keaslian produk dan masa garansi pabrikan dengan mengunjungi website berikut: http://support.lenovo.com/id/id/warrantylookup
Masa Garansi Konsumen: masa garansi dimulai dari tanggal barang dibeli oleh konsumen berdasarkan bukti pembelian (kuitansi resmi) atau kartu garansi.
Pengguna wajib menyerahkan kuitansi resmi dan kartu garansi ketika mengunjungi Lenovo Service Center. Jika pengguna tidak bisa menyerahkan dokumen tersebut, maka masa garansi akan dihitung menggunakan Masa Garansi Pabrikan yang tersimpan di dalam sistem Lenovo. Produk yang berbeda bisa memiliki masa dan jenis garansi yang berbeda pula.

2. Lamanya Waktu Perbaikan
Lenovo akan berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan perbaikan produk yang bermasalah dalam waktu 7 hari kerja. Lamanya waktu perbaikan dihitung dari sejak produk yang bermasalah diterima oleh Service Center (berdasarkan tanda terima) sampai saat dimana pengguna diinfokan bahwa produknya sudah selesai diperbaiki.


3. Ketersediaan Suku Cadang dan Periferal
Lenovo menjamin ketersediaan suku cadang dan periferal untuk semua produknya yang berada dalam masa garansi.

4. Masa Garansi untuk Penggantian Suku Cadang ataupun Unit
Suku cadang maupun unit pengganti akan mengikuti masa garansi dari unit aslinya atau paling tidak diberikan garansi selama 1 bulan (mana yang lebih lama).

Note: Ketika proses garansi melibatkan penggantian suku cadang ataupun produk, maka suku cadang ataupun produk yang diganti akan menjadi hak milik Lenovo, sedangkan suku cadang atau produk pengganti akan menjadi milik pengguna. Hanya suku cadang dan produk resmi yang tidak pernah diubah di luar Lenovo Service Center yang berhak mendapatkan penggantian. Suku cadang ataupun produk pengganti tidak selalu baru, namun dijamin berada dalam kondisi yang baik secara fisik dan memiliki fungsi yang setidaknya setara atau lebih baik dibandingkan suku cadang atau produk yang digantikan.

5. Apa yang Tidak Tercakup dalam Layanan Garansi
Kebijakan garansi hanya mencakup masalah yang berkaitan dengan masalah teknis perangkat keras dalam masa garansi dan berada dalam kondisi normal pemakaian. Layanan garansi tidak mencakup permasalahan perangkat lunak, kehilangan data, atau kerusakan yang diakibatkan oleh kesalahan penggunaan, atau kondisi seperti contoh namun tidak terbatas seperti yang di bawah ini:

  1. Nomor seri dari produk, peripheral, dan aksesori telah diubah, dibatalkan, atau dihapus;
  2. Segel garansi rusak atau diubah;
  3. Produk telah diubah, diperbaiki, dimodifikasi oleh bukan service center Lenovo resmi;
  4. Kerusakan kosmetik atau perubahan penampilan fisik akibat pemakaian yang tidak mempengaruhi fungsi dan operasional produk;
  5. Kerusakan pada LCD seperti titik terang/gelap/garis yang disebabkan oleh tekanan luar;
  6. Kerusakan produk akibat bencana alam, perang, kebakaran, banjir, kilat, dan serangga;
  7. Kerusakan produk akibat penyimpanan yang tidak sesuai (suhu atau kelembaban berlebih);
  8. Produk terkena atau kemasukkan air, atau ditempatkan di tempat berdebu dan lembab;
  9. Produk dengan noda jamur, karat atau korosi, oksidasi karena bahan kimia atau karena lingkungan;
  10. Kerusakan produk akibat suhu panas atau tekanan luar;
  11. Kerusakan produk akibat kesalahan penggunaan tegangan listrik, lonjakan listrik, atau masalah kelistrikan lainnya;
  12. Kerusakan produk akibat kelalaian pengguna seperti perubahan struktur/bentuk (deformasi), keretakan fisik, dan baret;
  13. Kerusakan produk akibat instalasi atau perawatan yang tidak benar atau kerusakan yang disebabkan oleh perangkat lain seperti printer, drive optic, kartu jaringan, USB…
  14. Kerusakan produk akibat penggunaan aplikasi pihak ketiga atau virus, atau kehilangan perangkat lunak atau data yang mungkin terjadi selama proses perbaikan;
  15. Kerusakan produk akibat penggunaan sistem operasi/aplikasi illegal/tidak resmi;
  16. Kerusakan produk akibat perangkat keras dari pihak ketiga (non-Lenovo) atau suku cadang yang tidak resmi;
  17. Kehilangan kata sandi (password)

 

6. Kebijakan Piksel Cacat
Layar (LCD) notebook memiliki banyak pixel Thin Film Transistor (TFT). Dalam proses produksi, kadang ditemukan piksel yang memiliki warna yang tidak sesuai, tidak menyala (hitam), ataupun berwarna terang (putih). Dalam batas tertentu, piksel cacat ini tidak dianggap sebagai kerusakan. Silakan merujuk ke link di bawah ini:
http://support.lenovo.com/us/en/warrantylookup/warrantypolicy_pc

  1. ThinkPad: 3 piksel cacat atau lebih
  2. IdeaPad/Lenovo G/B/V Series: lebih dari 6 piksel cacat (>4 Gelap atau >4 Piksel Terang)
  3. Tablet: lebih dari 5 piksel cacat (>3 Gelap atau >3 Piksel Terang)

 

Jika LCD Anda terdapat piksel cacat dengan jumlah lebih kecil dari angka yang disebutkan di atas, maka LCD tidak dianggap bermasalah. Namun, jika terdapat piksel cacat dengan jumlah melebihi batasan yang telah disebutkan di atas, maka Lenovo akan mengganti LCD tersebut berdasarkan permintaan konsumen, selama masih dalam masa jaminan garansi.

7. Jenis Layanan Garansi
Lenovo akan memberikan beberapa pilihan jenis layanan garansi tergantung produk dan ketersediaan layanan. Silakan hubungi Lenovo Customer Care (detail ada pada poin (9) di bawah) untuk mengetahui ketersediaan layanan untuk produk Anda. Lenovo Service Center akan melakukan perbaikan tanpa biaya selama masa garansi, terkecuali untuk hal yang disebutkan pada poin (5) di atas.

  1. Layanan Customer Replaceable Unit (CRU)
    Ini merupakan jenis layanan untuk penggantian suku cadang dimana pengguna bisa melakukan penggantian sendiri. Biasanya terbatas pada periferal tertentu seperti mouse, keyboard, kabel power, hard disk, memori, dan media optik.
  2. Layanan Customer Carry-In
    Pengguna harus membawa produk yang rusak ke Lenovo Service Center terdekat untuk diperbaiki.
  3. Layanan Onsite
    Untuk mesin yang dilengkapi dengan layanan Onsite, Lenovo akan mengirim teknisi ke tempat pengguna dalam waktu 2 hari kerja setelah masalah dilaporkan ke Lenovo Customer Care (kecuali diperjanjikan lain). Area yang dilayani adalah yang berada dalam jangkauan 25 KM dari Lenovo Service Center terdekat. Biaya transportasi tambahan mungkin akan dikenakan untuk area yang berada di luar jangkauan.

 

8. Layanan Penambahan Garansi
Pengguna dapat membeli atau menambahkan layanan garansi ke produknya. Silakan hubungi Lenovo Customer Care atau Lenovo Service Center untuk mendapatkan informasi mengenai harga dan ketersediaan untuk produk Anda.

9. Informasi Kontak Lenovo Customer Care:
Untuk mendapatkan informasi mengenai produk-produk Lenovo ataupun memberikan masukan, feedback, dan komplain tentang produk maupun layanan, Lenovo menyediakan Lenovo Customer Care yang bisa dihubungi melalui email dan telepon:

 

Email : lenserv@lenovo.com
IDEA : 001-803-442173 (Bebas Pulsa) or +6221 3002 1090 (Pulsa Standar)
THINK : 001-803-442425 (Bebas Pulsa) or +6221 3002 1090 (Pulsa Standar)
Jam Kerja : Senin – Jumat : 8.30 WIB – 17.30 WIB (THINK & IDEA)
Sabtu : 9.00 WIB – 15.00 WIB (hanya IDEA).

 

 

Sebelum menghubungi Lenovo Customer Care, pastikan Anda sudah menyiapkan informasi di bawah ini:

  1. Nama produk/model
  2. Nomor seri dari produk
  3. Bukti pembelian
  4. Nama pengguna, nomor telepon, dan email
  5. Lokasi dari produk
  6. Masalah/kerusakan yang ingin dilaporkan

 

10. Kebijakan Dead-on-Arrival (DOA):

  1. Dead-on-Arrival atau DOA berlaku 90 hari sejak produk dibeli oleh dealer/retailer dari distributor atau tier di atasnya akan tetapi harus berada dalam masa garansi pabrikan Lenovo. Masa garansi pabrikan Lenovo bisa dicek pada link di bawah ini:
    http://support.lenovo.com/id/id/warrantylookup
  2. Jika masa garansi pabrikan sudah lewat, maka unit tidak bisa lagi diklaim untuk proses DOA walaupun masih dalam masa 90 hari dari pembelian retailer ke distributor/tier di atasnya.
  3. Dokumen berupa Packing List/Delivery Order/Invoice yang berisi Nomor Seri/Serial Number harus disertakan saat proses klaim sebagai bukti bahwa produk masih dalam periode DOA 90 hari.
  4. Kerusakan/kekurangan aksesoris, kerusakan kosmetik, dan kerusakan software/perangkat lunak tidak termasuk dalam kategori DOA. Lenovo akan memberikan penggantian aksesoris/parts yang tidak lengkap/rusak untuk contoh seperti di bawah ini:
    1. CD / DVD media
    2. Floppy disk
    3. Buku Manual
    4. Perangkat Input Eksternal (keyboard, mouse, microphone, earphone, remote control)
    5. Adaptor AC
    6. Speaker (desktop)
    7. Web camera (desktop)
    8. Battery (notebook)

Untuk konsultasi via email yang berkaitan dengan DOA bisa dialamatkan ke alamat email berikut ini: Lenovo_Care_Indonesia (lencare_id@lenovo.com).

 

11. Kebijakan Perbaikan pada Unit Telat Jual:
Ada kemungkinan dimana unit belum terjual (telat jual) dan ditemukan kerusakan, namun sudah berada di luar masa DOA. Untuk kejadian seperti ini, distributor/retailer berhak mendapatkan perbaikan tanpa biaya di Lenovo Service Center terdekat. Perbaikan ini pun tidak akan membuat masa garansi berjalan.

  1. Kebijakan perbaikan tanpa biaya untuk unit telat jual ini hanya berlaku untuk unit yang masih berada dalam masa garansi pabrikan Lenovo. Masa garansi pabrikan Lenovo bisa dicek pada link di bawah ini:
  2. http://support.lenovo.com/id/id/warrantylookup

  3. Distributor/retailer harus menyiapkan dokumen seperti Packing List/Delivery Order/Invoice yang berisi Nomor Seri/Serial Number dari produk yang akan diperbaiki. Hal ini untuk dijadikan pegangan oleh Lenovo Service Center bahwa produk ini akan diperbaiki dalam kondisi belum terjual.
  4. Jika unit yang belum terjual ini sudah berada di luar masa garansi pabrikan Lenovo, maka distributor/retailer akan dihadapkan pada dua pilihan:
    1. Meminta approval khusus. Berdasarkan permintaan dari distributor/retailer, Lenovo Service Center akan melakukan eskalasi ke Lenovo Indonesia untuk mendapatkan pengecualian untuk unit tersebut agar perbaikan bisa tetap dilanjutkan. Dokumen tambahan atau penjelasan resmi mungkin akan dibutuhkan. Lenovo Indonesia akan memutuskan apakah pengecualian bisa diberikan atau tidak.
    2. Jika karena satu atau lain hal pengecualian tidak bisa diberikan oleh Lenovo Indonesia, maka jika ingin tetap diperbaiki maka distributor/retailer harus membayar biaya perbaikan (ongkos kerja dan biaya suku cadang jika ada). Setelah selesai diperbaiki, maka garansi unit akan dikembalikan lagi seperti kondisi awal, terhitung sejak tanggal unit selesai diperbaiki.

 

12. Contoh Kerusakan yang Termasuk dan Tidak Termasuk DOA:
Di bawah ini ada beberapa contoh kerusakan yang termasuk dan tidak termasuk kategori DOA. Bagian ini dimaksudkan hanya sebagai contoh dan mungkin tidak mencakup semua kategori yang ada. Jika ada yang kurang jelas atau ragu mengenai suatu jenis kerusakan apakah termasuk dalam kategori DOA atau daik, silakan hubungi Lenovo_Care_Indonesia (lencare_id@lenovo.com) untuk mendapatkan konfirmasi.

Kategori Termasuk DOA Tidak Termasuk DOA
Motherboard, CPU, RAM Tidak ada tampilan, tidak ada power, tidak ada POST, tidak bisa masuk sistem operasi walaupun telah dilakukan recovery, hang/crash yang berulang, panas berlebihan Mesin mengalami hang/crash tapi tidak bisa direplikasi, dugaan hang/crash yang intermittent (tidak terjadi berulang)
Hard Disk Bad sector, hard disk tidak terdeteksi, mengeluarkan bunyi tidak wajar yang berlebihan, tidak bisa masuk OS walaupun telah dilakukan recovery, hang/crash yang berulang Kabel kendor atau terpasang tidak sempurna
Display Layar bergetar/flicker, tidak ada tampilan, tidak bisa menampilkan resolusi sesuai standar teknis atau spesifikasi Tidak ada tampilan yang diakibatkan kabel tidak terpasang sempurna, piksel cacat <6 (IDEA) atau <3 (THINK), resolusi tidak sesuai yang bisa diatasi dengan pengaturan dan update driver, kerusakan fisik dimana kaca/layar pecah atau retak
Keyboard Tidak sensitif (minimal 1 tuts), keyboard tidak bisa digunakan untuk mengetik (tuts tidak berfungsi), atau kerusakan teknis lainnya Tuts ada yang terlepas (bisa dipasang kembali tanpa mengubah fungsi), sticker yang terlepas/tidak ada, cat yang terkelupas, kabel yang kendor atau terpasang tidak sempurna
Fan/Heatsink Fan berisik atau tidak bekerja Kabel yang kendor atau terpasang tidak sempurna
Touchpad Tidak sensitive, kursor tidak bisa digerakan atau tidak merespons sentuhan Touchpad yang kendor atau keluhan khusus yang unik dari customer namun sudah dipastikan tidak ada permasalahan kualitas
Modem, Ethernet, Wireless Modem tidak terdeteksi atau tidak bisa digunakan (bukan karena pengaturan software/aplikasi), tidak bisa terhubung ke jaringan walaupun software dan driver telah terpasang dengan benar Permasalahan software atau driver yang bisa diselesaikan dengan melakukan update, kabel yang kendor atau terpasang tidak sempurna
Audio, Speaker Tidak ada suara yang keluar walaupun volume sudah diatur dan software/driver sudah terpasang, suara terdistorsi, ada salah satu speaker yang tidak berfungsi Permasalahan software atau driver yang bisa diselesaikan dengan melakukan update, kabel yang kendor atau terpasang tidak sempurna
Serial Port, Parallel Port, USB, slot me-mori eksternal Tidak bisa digunakan untuk koneksi ke perangkat eksternal, tidak mendeteksi perangkat yang terpasang, slot tidak bisa membaca memori card. Permasalahan software atau driver yang bisa diselesaikan dengan melakukan update, kabel yang kendor atau terpasang tidak sempurna
Optical Drive Tidak bisa membaca/menulis media, tidak bisa dikeluarkan (eject), media tersangkut, BIOS tidak bisa mendeteksi optical drive walaupun koneksi kabel telah dipastikan terhubung sempurna Permasalahan software atau driver yang bisa diselesaikan dengan melakukan update, kabel yang kendor atau terpasang tidak sempurna
Cover atau Chassis Tidak valid claim DOA Goresan atau cacat fisik pada permukaan chassis, cacat berupa retakan garis halus, benturan, cat yang terkelupas, chassis yang renggang (dalam batas toleransi tertentu)
Adaptor, Battery, dan perangkat I/O pada desktop (mouse, keyboard, speaker) Tidak valid claim DOA Aksesoris akan diganti sesuai dengan prosedur normal garansi
Monitor desktop Tidak valid claim DOA Mengikuti prosedur normal garansi
Software atau Perangkat Lunak Tidak valid claim DOA Update driver atau aplikasi yang bersangkutan

*Kebijakan dan dokumen ini mulai efektif berlaku sejak tanggal yang disebutkan di atas dan bisa sewaktuwaktu diubah oleh Lenovo. Dokumen ini tidak menggantikan Kebijakan Garansi Terbatas Lenovo.